Skip navigation

Hair loss

Banyak fartor penyebab kerontokan rambut, faktor dari dalam dan dari luar, tapi untuk saat ini kita akan membahas dari segi siklus alamiah. Ada tiga fase yang dilalui rambut kita dalam pertumbuhan, yaitu:
1. Fase tumbuh.
2. Fase istirahat.
3. Fase pelepasan/rontok.

1. Fase tumbuh
Setiap helai rambut dikepala mempunyai masa tumbuh yang tidak sama. Pada fase tumbuh ini rambut akan mengalami pertumbuhan optimal jika tidak ada gangguan kesehatan. Sekitar 90% rambut akan tumbuh pada fase ini dan setiap helai dari rambut kita akan bertahan 2-6 tahun sebelum masuk pada fase berikutnya.

2. Fase Istirahat
Fase istirahat berlangsung antara dua sampai tiga bulan.
Pada fase istirahat kita harus rajin menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala jangan ada gangguan yang bisa memicu tercabutnya rambut, karena pada fase ini jika ada sehelai rambut tercabut maka ditempat rambut yang tercabut tadi tidak akan tumbuh lagi sampai tiba fase tumbuh berikutnya dan itu sangat lama karena sebelum tiba fase tumbuh akan melewati dulu fase pelepasan/rontok. Dianjurkan creambath minimal satu kali sebulan guna menghambat tumbuhnya jamur malassezia (jamur biang ketombe) dan menggunakan hair tonic untuk menguatkan akar rambut.

3. Fase Pelepasan/rontok.
Sekitar sepuluh persen kita akan kehilangan rambut dalam fase ini.
Pada fase pelepasan jika ada rambut yang rontok antara 50-100 helai sehari masih dianggap normal, tidak usah kuatir karena akan digantikan oleh rambut baru dari folikel yang sama yang terletak tepat di bawah permukaan kulit. Rambut baru akan tumbuh ditempat rambut yang telah rontok pada fase tumbuh berikutnya dengan catatan tidak ada yang menghambat tumbuhnya rambut.
Rambut terdiri dari suatu bentuk protein, bahan yang sama yang ditemukan dalam kuku tangan dan kuku kaki. Setiap orang, tanpa memandang usia, harus makan jumlah yang cukup protein untuk menjaga rambut dalam berproduksi. Protein ditemukan dalam daging, ayam, ikan, telur, keju, kacang kering, tahu, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Abnormal rambut rontok dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab, konsultasikan dengan ahli kecantikan atau dokter langganan anda untuk solusi yang tepat.
(Berbagai sumber).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: